Kamis, 19 April 2018

Ekolokasi


Ekolokasi 

Ekolokasi adalah penggunaan gelombang suara untuk menentukan letak objek-objek yang ada, berdasarkan pantulan gelombang suara itu. Jarak ditentukan berdasarkan waktu yang dibutuhkan pantulan gelombang suara untuk kembali ke sumbernya. Terdapat beberapa jenis hewan yang menggunakan ekolokasi, contohnya kelelawar dan ikan paus. 

Kelelawar menggunakan ekolokasi untuk navigasi di saat malam hari yang gelap, untuk mencari mangsanya (serangga-serangga). Mereka mengeluarkan gelombang suara dengan menggunakan mulut atau hidung. Ketika gelombang suara mengenai benda, gelombang itu akan memantul kembali ke kelelawar. Dari pantulan ini, kelelawar dapat mengetahui lokasi, ukuran, bentuk, dan bahkan tekstur dari suatu benda. 

Kebanyakan orang tidak bisa mendengar gelombang suara ini, sebab frekuensi gelombang suara yang dikeluarkan oleh kelelawar sangat tinggi (berkisar dari 11 kHz sampai 212 kHz). 

Ikan paus juga menggunakan ekolokasi agar dapat mengetahui lingkungan sekitarnya saat berada di laut dalam yang gelap. Air adalah penghantar suara yang sangat baik. Dibandingkan dengan udara, suara dapat merambat hampir 5 kali lebih cepat dalam air. 

Jadi, jika suatu benda berada sejauh 4500 meter dan suara merambat pada kecepatan 1500 m/s, maka dibutuhkan waktu 3 detik untuk gelombang suara mencapai benda itu, lalu pantulan gelombang suara juga membutuhkan waktu 3 detik untuk kembali ke sumbernya. (4500÷1500=3) 

Konsep yang sama dengan ekolokasi digunakan oleh sonar. Sonar pada kapal laut dapat digunakan untuk menentukan lokasi kapal lain dan mengukur kedalaman laut.

sumber : http://www.jendelasarjana.com/2014/06/pengertian-ekolokasi.html





sumber : https://www.youtube.com/watch?v=bAvoz_ofoeo

1 komentar:

  1. How to play slots and table games with cash and no - Dr. Maryland
    Slots. In the casino, players are given a chance to win up to $2000, no cash on 충청남도 출장마사지 a standard 군산 출장샵 $25 bet. If 아산 출장마사지 your game is dealt a 논산 출장샵 card from 상주 출장샵 your hand,

    BalasHapus

 

sainsblog13 Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang